pilih bahasa

Sabtu, 15 September 2012

Wewe Gombel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wewe)
Langsung ke: navigasi, cari
Ilustrasi Wewe Gombel.
Wewe Gombel atau juga disebut Nenek Gombel adalah sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka menculik anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Konon anak yang dicuri biasanya anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya. Wewe Gombel biasanya akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar. bila mereka telah sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya.

Latar belakang mitos

Menurut cerita, mitos Wewe Gombel dipercayai digunakan untuk menakut-nakuti anak-anak agar mereka tidak berkeliaran di waktu malam hari. Ini disebabkan pada masa lalu, keadaan gelap gulita amat berbahaya karena hewan buas mungkin memasuki kawasan perkampungan dalam kegelapan malam. Dengan itu Wewe Gombel diciptakan untuk menyelamatkan mereka daripada ancaman tersebut. Wewe Gombel biasanya digambarkan dengan sosok wanita tua keriput dengan susu/payudara yang terlihat keluar panjang menjijikkan.
Nama Wewe Gombel dengan penggambaran umum seperti yang tertuis diatas mungkin juga bukan sekedar isapan jempol belaka, atau suatu analisa logis mengenai salah satu bentuk motivasi orang-orang dulu (Tatanan masyarakat primodial) untuk mengantisipasi bentuk tindakan atau aksi yang mengundang kebiasaan-kebiasaan buruk yang berpotensi melanggar auran misalnya anak0anak yang seharusnya belajar dimalam hari atau berkumpul bersama keluarga tapi malah bermain diluar rumah dan anpa pengawasan orang. cerita tentang adanya sosok Wewe Gombel secara turun temurun dan pararel menyebar ke berbagai individu yang sebagaian dari para individu itu mungkin juga secara sepihak mengarang suatu bentuk devinisi tambahan mengenai sosok Wewe Gombel, dimana kemudian semua itu merebak ke segala arah dan di komsumsi oleh banyak pihak. ada atau tidak sosok Wewe Gombel hanya adalah suatu mistery alam, yang pasti di alam semesta ni ada trilyunan misteri dimana sebagian kecil yang terungkaoppun masih bersifat rancu.

Tidak ada komentar: